Surah Hud Ayat 120; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Hud Ayat 120

Pecihitam.org – Kandungan Surah Hud Ayat 120 ini menjelaskan bahwa kisah para nabi dan umat terdahulu ini disampaikan dengan maksud meneguhkan dan memantapkan hati Nabi Muhammad Saw.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Kisah tersebut bermanfaat agar beliau memahami bahwa para nabi dan rasul sebelum beliau juga mengalami berbagai gangguan dari para penentang mereka; tapi mereka tabah dan bersabar, dan sama sekali tidak mengalami keraguan di atas jalan perjuangan mereka.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Hud Ayat 120

وَكُلًّا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ ۚ وَجَاءَكَ فِي هَٰذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

Terjemahan: Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.

Tafsir Jalalain: وَكُلًّا (Dan setiap) lafal كُلًّا ini dinashabkan dengan alamat naqsh sedangkan tanwinnya merupakan pergantian dari mudhaf ilaih, artinya semua kisah rasul-rasul yang diperlukan,

Baca Juga:  Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Sejarah Turunnya Al-Quran yang Bisa Kita Renungkan

نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا (Kami ceritakan kepadamu, yaitu kisah-kisah para rasul) lafal مَا di sini menjadi badal daripada lafal كُلًّا,

نُثَبِّتُ بِهِ (yang dengannya Kami teguhkan) Kami tenangkan فُؤَادَكَ (hatimu) kalbumu وَجَاءَكَ فِي هَٰذِهِ الْحَقُّ (dan dalam surah ini telah datang kepadamu kebenaran) yang dimaksud adalah kisah-kisah para rasul ini atau ayat-ayat ini

وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ (serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman) orang-orang yang beriman disebutkan di sini secara khusus, mengingat hanya merekalah yang dapat memanfaatkan adanya kisah-kisah atau ayat-ayat ini untuk mempertebal keimanan mereka, berbeda dengan orang-orang kafir.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah berfirman, Kami kabarkan seluruh kisah kepadamu, dari berita-berita para Rasul yang terdahulu sebelummu bersama umat-umatnya dan bagaimana perdebatan dan pertentangan yang terjadi pada mereka, pendustaan juga siksaan yang dirasakan oleh para Nabi dan bagaimana Allah menolong pasukan-Nya, orang-orang yang beriman dan merendahkan musuh-musuh-Nya yang kafir.

Baca Juga:  Surah Hud Ayat 61; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Semua ini adalah termasuk sesuatu yang Kami buat hatimu teguh. Maksudnya, menjadikan keteguhan dalam hatimu ya Muhammad dengan berita-berita itu, agar menjadi contoh bagimu dari kisah saudaramu para Rasul yang telah lalu.

Dan firman-Nya: وَجَاءَكَ فِي هَٰذِهِ الْحَقُّ (Dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran) maksudnya, dalam kebenaran ini ialah, dalam surat ini. Ini adalah perkataan Ibnu Abbas, Mujahid dan ulama salaf. Telah datang kepadamu kisah-kisah yang sesungguhnya dan berita yang benar, juga nasihat yang membuat orang-orang kafir terpukul dan peringatan yang harus diingatkan oleh orang-orang yang beriman.

Tafsir Quraish Shihab: Dari setiap kisah rasul-rasul dan umat-umatnya yang telah lalu, Kami kisahkan kepadamu, Muhammad, sesuatu yang dapat menguatkan hatimu dalam melaksanakan tugas berat: menyampaikan pesan-pesan Allah.

Baca Juga:  Surah Al-Furqan Ayat 3; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Di dalam kisah-kisah tersebut terdapat penjelasan kebenaran yang kamu serukan seperti para rasul terdahulu, seperti seruan mengesakan Tuhan dan menjauhi sesuatu yang dimurkai-Nya.

Di dalamnya juga terkandung nasihat dan pelajaran yang dapat diambil oleh orang-orang Mukmin sehingga iman mereka bertambah dan orang-orang yang siap menerima keimanan sehingga bergegas menggapainya.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Hud Ayat 120 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S