Surah Hud Ayat 49; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Hud Ayat 49

Pecihitam.org – Kandungan Surah Hud Ayat 49 ini merupakan akhir dari kisah Nabi Nuh as dan kaumnya yang telah diterangkan dalam 25 ayat. Di penghujung rangkaian ayat-ayat ini, Allah Swt berfirman kepada Nabi Muhammad Saw, “Pelajaran dari peristiwa ini akan tetap berguna bagimu dan umatmu, yaitu bahwa keberhasilan dalam melewati ujian semacam ini hanya akan dicapai oleh orang yang suci, bertakwa, sabar, dan konsisten.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Hal inilah yang dilakukan oleh Nabi Nuh as, beliau selama berabad-abad sabar dan tabah, sehingga akhirnya memperoleh kemenangan dan keselamatan.”

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Hud Ayat 49

تِلْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الْغَيْبِ نُوحِيهَا إِلَيْكَ ۖ مَا كُنْتَ تَعْلَمُهَا أَنْتَ وَلَا قَوْمُكَ مِنْ قَبْلِ هَٰذَا ۖ فَاصْبِرْ ۖ إِنَّ الْعَاقِبَةَ لِلْمُتَّقِينَ

Terjemahan: Itu adalah di antara berita-berita penting tentang yang ghaib yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad); tidak pernah kamu mengetahuinya dan tidak (pula) kaummu sebelum ini. Maka bersabarlah; sesungguhnya kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa.

Baca Juga:  Surah An-Najm Ayat 42-55; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Jalalain: تِلْكَ (Itu adalah) ayat-ayat yang mengandung kisah Nabi Nuh مِنْ أَنْبَاءِ الْغَيْبِ (di antara berita-berita penting yang gaib) berita-berita yang belum engkau ketahui

نُوحِيهَا إِلَيْكَ (yang Kami wahyukan kepadamu) hai Muhammad مَا كُنْتَ تَعْلَمُهَا أَنْتَ وَلَا قَوْمُكَ مِنْ قَبْلِ هَٰذَا (tidak pernah kamu mengetahuinya dan tidak pula kaummu sebelum ini) sebelum diturunkannya Alquran ini.

فَاصْبِرْ (Maka bersabarlah) di dalam menyampaikan risalah dan menghadapi perlakuan kaummu yang menyakitkan itu, sebagaimana Nabi Nuh bersabar إِنَّ الْعَاقِبَةَ (sesungguhnya kesudahan yang baik) yang terpuji لِلْمُتَّقِينَ (adalah bagi orang-orang yang bertakwa).

Tafsir Ibnu Katsir: Allah berfirman kepada Nabi-Nya: مِنْ أَنْبَاءِ الْغَيْبِ (Di antara berita-berita penting tentang yang ghaib) Yakni, sebagian dari kabar-kabar ghaib yang telah lewat, Kami wahyukan kepadamu dengan jelas seolah-olah kamu menyaksikannya, Kami wahyukan kepadamu, maksudnya Kami mengajarimu dengan kisah itu sebagai wahyu dari Kami kepadamu.

مَا كُنْتَ تَعْلَمُهَا أَنْتَ وَلَا قَوْمُكَ مِنْ قَبْلِ هَٰذَا (Tidak pernah kamu mengetahuinya dan tidak [pula] kaummu sebelum ini) Maksudnya, kamu dan seorang pun kaummu tidak mengetahui sebelumnya, sehingga orang yang mendustakanmu berkata bahwa kamu mempelajarinya dari dia.

Baca Juga:  Surah Hud Ayat 114-115; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Akan tetapi Allah-lah yang memberi kabar kepadamu dengannya, yang sesuai dengan kenyataan, sebagaimana yang dikabarkan dalam kitab-kitab para Nabi sebelummu, maka bersabarlah atas pendustaan kaummu dan penganiayaan mereka terhadapmu, karena sesungguhnya Kami akan menolongmu dan melindungimu dengan bantuan Kami.

Dan Kami jadikan kemenangan untukmu dan pengikut-pengikutmu dunia dan akhirat, sebagaimana telah Kami lakukan terhadap para Rasul, yaitu Kami tolong mereka atas musuh-musuh mereka: “Sesungguhnya Kami menolong Rasul-Rasul Kami dan orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Mu’min: 57), dan ayat seterusnya.

Dan Allah Ta’ala berfirman: فَاصْبِرْ ۖ إِنَّ الْعَاقِبَةَ لِلْمُتَّقِينَ (Maka bersabarlah; sesungguhnya kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa)

Tafsir Quraish Shihab: Kisah Nuh dan kaumnya yang Kami paparkan kepadamu, wahai Muhammad, termasuk berita gaib yang hanya diketahui oleh Allah.

Baca Juga:  Surah Hud Ayat 80-81; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Sebelum diturunkan wahyu, kamu dan kaummu tidak mengetahuinya secara teliti dan terperinci. Maka bersabarlah dalam menghadapi penindasan kaummu sebagaimana kesabaran para nabi sebelum kamu.

Sesungguhnya kamu, pada gilirannya, akan mendapatkan kemenangan seperti para nabi terdahulu. Akhir yang baik akan selalu berada di pihak mereka yang menghindari azab Allah, dengan beriman dan mengerjakan amal saleh.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Hud Ayat 49 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S