Surah Yunus Ayat 55-56; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yunus Ayat 55-56

Pecihitam.org – Kandungan Surah Yunus Ayat 55-56 ini dikatakan kepada kaum Kafir bahwa mengapa kalian masih meragukan perkara Hari Kiamat? Tidakkah kalian mengetahui bahwa seluruh jagat raya ini berada di tangan-Nya? Dia adalah pencipta dan pemilik alam semesta ini. Hidup dan matinya kalian semua di tangan Allah. Sementara unsur terpenting mengenai keraguan akan terjadinya Hari Kiamat, berarti keraguan terhadap kekuasaan Allah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yunus Ayat 55-56

Surah Yunus Ayat 55
أَلَا إِنَّ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۗ أَلَا إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ

Terjemahan: Ingatlah, sesungguhnya kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan di bumi. Ingatlah, sesungguhnya janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui(nya).

Tafsir Jalalain: أَلَا إِنَّ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۗ أَلَا إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ (Ingatlah, sesungguhnya kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan di bumi. Ingatlah sesungguhnya janji Allah itu) mengenai hari berbangkit dan hari pembalasan حَقٌّ (benar) pasti وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَهُمْ (tetapi kebanyakan mereka) manusia لَا يَعْلَمُونَ (tidak mengetahui) hal itu.

Baca Juga:  Surah Sad Ayat 12-16; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: Allah memberi kabar, bahwa sesungguhnya la adalah pemilik langit dan bumi dan bahwa janji-Nya adalah benar, pasti, tidak diragukan lagi, dan bahwa Dia adalah Yang menghidupkan dan Yang mematikan, kepada-Nyalah kembalinya para makhluk.

Bahwasanya yang mampu untuk itu adalah Dzat yang Mahamengetahui terhadap apa yang terpisah dari badan dan tercerai-berainya badan di berbagai tempat di bumi, lautan dan gurun pasir yang tandus.

Tafsir Quraish Shihab: Hendaknya manusa mengetahui bahwa Allah adalah Pemilik dan Pengendali semua yang ada di langit dan di bumi, dan bahwa janji-Nya adalah benar hingga tidak ada sesuatu pun yang dapat melemahkan-Nya dan menghindar dari balasan-Nya. Tetapi mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia, dan mereka tidak mengetahuinya dengan sbenarnya.

Baca Juga:  Surah Yunus Ayat 34-36; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Surah Yunus Ayat 56
هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Terjemahan: Dialah yang menghidupkan dan mematikan dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

Tafsir Jalalain: (Dialah yang menghidupkan dan mematikan dan hanya kepada-Nyalah kalian dikembalikan) di hari kemudian, kemudian Dia membalas kalian atas amal perbuatan kalian.

Tafsir Quraish Shihab: Allah SWT memberi kehidupan kepada sesuatu yang sebelumnya tidak pernah ada dan mencabutnya kembali. Kepada-Nyalah tempat kembali di akhirat. Tidak ada yang besar bagi-Nya.

Hemat penulis, berangkat dari penjelasan dua ayat di atas, ada dua pelajaran yang dapat kita petik hikmahnya, diantaranya adalah bahwa, Pemilik hakiki segala sesuatu di alam semesta ini adalah Allah, sedang kepemilikan manusia itu adalah kesepakatan.

Baca Juga:  Surah Al-Qashash Ayat 43; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Karena itu pada Hari Kiamat orang-orang Kafir tidak memiliki sesuatu untuk dirinya yang bisa dijadikan sebagai penebus untuk menyelamatkan diri mereka.

Yang Kedua, bahwa Kekuasaan Allah SWT terhadap alam semesta, merupakan dalil dan alasan kekuasaan-Nya untuk merealisasikan janji-janji Allah.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Yunus Ayat 55-56 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga khazanah ilmu Al-Qur’an kita semakin bertambah.

M Resky S