Surah Yunus Ayat 61; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yunus Ayat 61

Pecihitam.org – Kandungan Surah Yunus Ayat 61 ini menyinggung betapa Ilmu Allah SWT sangat luas dan tidak terbatas. Ilmu allah mencakup semua keadaan dan perbuatan manusia, bahkan semua atom dan molekul terkecil apapun tercakup dalam pengetahuan-Nya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Perkara ini telah tercatat dalam Lauh Mahfudz. Karena itu tidak saja Allah SWT yang dapat menyaksikan hal-hal tersebut, tetapi juga para malaikat-Nya dapat menyaksikan dan mencatat hal-hal tersebut.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yunus Ayat 61

وَمَا تَكُونُ فِي شَأْنٍ وَمَا تَتْلُو مِنْهُ مِنْ قُرْآنٍ وَلَا تَعْمَلُونَ مِنْ عَمَلٍ إِلَّا كُنَّا عَلَيْكُمْ شُهُودًا إِذْ تُفِيضُونَ فِيهِ ۚ وَمَا يَعْزُبُ عَنْ رَبِّكَ مِنْ مِثْقَالِ ذَرَّةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَلَا أَصْغَرَ مِنْ ذَٰلِكَ وَلَا أَكْبَرَ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Terjemahan: Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al Quran dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya. Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar dari itu, melainkan (semua tercatat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 12-18; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Tafsir Jalalain: وَمَا تَكُونُ (Kamu tidak berada) hai Muhammad! فِي شَأْنٍ (dalam suatu keadaan) dalam suatu perkara وَمَا تَتْلُو مِنْهُ (dan tidak membaca suatu ayat) artinya mengenai perkara tersebut atau membaca dari Allah مِنْ قُرْآنٍ (dari Alquran) yang diturunkan oleh-Nya kepadamu

وَلَا تَعْمَلُونَ (dan kamu tidak mengerjakan) khithab ayat ini ditujukan kepada Nabi Muhammad saw. dan umatnya مِنْ عَمَلٍ إِلَّا كُنَّا عَلَيْكُمْ شُهُودًا (suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atas kalian) meneliti إِذْ تُفِيضُونَ (di waktu kalian melakukan) mengerjakan فِيهِ (perbuatan itu) amal perbuatan itu.

وَمَا يَعْزُبُ (Tidak luput) tidak samar عَنْ رَبِّكَ مِنْ مِثْقَالِ (dari pengetahuan Rabbmu hal yang sebesar) seberat ذَرَّةٍ (zarrah) semut yang paling kecil فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَلَا أَصْغَرَ مِنْ ذَٰلِكَ وَلَا أَكْبَرَ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ (di bumi atau pun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak pula yang lebih besar dari itu melainkan semua tercatat dalam kitab yang nyata) yang jelas, yaitu Lauh Mahfuz.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah memberi kabar kepada Nabi-Nya saw. bahwa sesungguhnya Allah mengetahui semua keadaannya, keadaan umatnya dan keadaan semua makhluk dalam setiap saat, setiap menit dan setiap detik.

Baca Juga:  Surah Yunus Ayat 17; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Dan sesungguhnya tidak luput dari pengetahuan dan penglihatan-Nya, perbuatan sebesar biji dzarrah yang paling kecil dan paling rendah, baik di langit maupun di bumi, tidaklah yang lebih kecil atau yang lebih besar darinya, kecuali tercatat dalam Kitab yang nyata.

Jika pengetahuan-Nya terhadap gerakan segala sesuatu seperti ini, maka bagaimana pengetahuan-Nya terhadap orang-orang yang dibebani dan diperintah untuk beribadah.

Maka dari itu Allah Ta’ala berfirman: وَمَا تَكُونُ فِي شَأْنٍ وَمَا تَتْلُو مِنْهُ مِنْ قُرْآنٍ وَلَا تَعْمَلُونَ مِنْ عَمَلٍ إِلَّا كُنَّا عَلَيْكُمْ شُهُودًا إِذْ تُفِيضُونَ فِيهِ (Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari al-Qur’an dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan melainkan Kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya)

Maksudnya, ketika kalian melakukan sesuatu pekerjaan, Kami menyaksikannya, melihat dan mendengar apa yang kalian lakukan, maka dari itu Rasulullah bersabda ketika Jibril bertanya kepadanya tentang Ihsan: “Hendaklah kamu beribadah kepada Allah seolah-olah kamu melihat-Nya, meskipun kamu tidak dapat melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu.”

Ini adalah potongan dari hadits yang berkenaan dengan “ad diin” (agama), yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam yang lainnya.

Baca Juga:  Surah Al-Isra Ayat 49-52; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Dan sesungguhnya kamu, Muhammad, telah menyampaikan semua itu. Dan Allah mengetahui hal itu. Tak ada satu urusan pun yang sedang kamu hadapi, bacaan al-Qur’ânmu dan segala perbuatanmu, juga umatmu, kecuali Kami menjadi Saksi dan Pengawasnya pada saat kalian mengerjakannya dengan sungguh- sungguh.

Dan tak sesuatu pun yang terlepas dari pengetahuan Allah, seringan dzarrah (atom) sekalipun, baik di langit maupun di bumi, lebih ringan atau lebih berat. Semuanya tercatat dengan terang dan jelas dalam kitab yang ada di sisi Allah.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Yunus Ayat 61 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga khazanah ilmu Al-Qur’an kita semakin bertambah.

M Resky S