Berikut Doa Masuk Masjid di Hari Jumat, Jangan Lupa Dibaca!

doa masuk masjid hari jumat

Pecihitam.org – Hari jumat adalah hari istimewa bagi setiap muslim. Dimana dalam hari itu Allah mencurahkan beribu rahmat dan hidayahnya bagi kita semua. Adapun yang laki-laki diberi nikmat beribadah berupa kewajiban melaksanakan sholat jumat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sholat jumat dilaksanakan dalam satu masjid pada sebuah desa dengan adanya khotib sebagai pemberi khotbah jumat, imam yang memimpin sholat, dan makmum yang banyak agar tercapai rukun dan syarat sholat jumat.

Dalam menapakkan kaki menuju masjid ada banyak pahala yang bisa diperoleh seseorang. Pahala tersebut bisa didapatkan asal diniatkan untuk beribadah kepada Allah swt. Tak ketinggalan, semua orang berlomba-lomba untuk datang pada waktu yang paling awal untuk mendapatkan shaf paling depan. Karena di shaf pertama itulah terdapat kemuliaan besar yang diciptakan Allah swt untuk makhluknya.

Di hari jumat sebelum melangkahkan kaki masuk ke masjid, hendaknya kita bersuci terlebih dahulu kemudian disertai dengan doa yang menyatakan permintaan kita kepada yang Maha Kuasa agar bisa khusyuk melaksanakan serangkaian peribadatan yang ada.

Baca Juga:  Manfaat Paling Penting Dari Doa Kafaratul Majelis

Kemudian, melakukan langkah pertama dengan menggunakan kaki kanan. Karena bagaimanapun juga, kaki kanan merupakan simbol kebaikan yang disematkan kepada setiap makhluknya. Setiap perbuatan baik biasanya diawali dengan mengguanakan tangan atau kaki sebelah kanan. Adapun doa masuk masjid di hari jumat adalah sebagaimana berikut:

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي أَوْجَهَ مَنْ تَوَجَّهَ إِلَيْكَ، وَأَقْرَبَ مَنْ تَقَرَّبَ إِلَيْكَ، وَأَفْضَلَ مَنْ سَأَلَكَ وَرَغِبَ إِلَيْكَ

“Ya Allah, jadikanlah aku orang yang paling menghadap kepadaMu, dan orang yang paling mendekat kepadaMu, dan orang yang paling utama yang meminta dan berkehendak kepadaMu.”

Doa tersebut didasarkan pada salah satu hadits Nabi yang berbunyi:

انَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَخَذَ بِعِضَادَتَيِ الْبَابِ – بَابِ الْمَسْجِدِ – ثُمَّ قَالَ: اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي أَوْجَهَ مَنْ تَوَجَّهَ إِلَيْكَ، وَأَقْرَبَ مَنْ تَقَرَّبَ إِلَيْكَ، وَأَفْضَلَ مَنْ سَأَلَكَ وَرَغِبَ إِلَيْكَ

“Ketika Rasulullah masuk masjid di hari Jumat dan memegang kedua tiang pintu masjid, beliau lantas berdoa; ‘Allahummaj’alni awjaha man tawajjaha ilaika wa aqraba man taqarraba ilaika wa afdhala man sa-alaka wa raghiba ilaika.”

Dengan doa tersebut, semoga niat ibadah yang kita bawa dari rumah bisa terwujudkan dan memberi banyak manfaat untuk kita. Tentunya doa tersebut juga dimaksudkan untuk menghilangkan gangguan setan ketika berada dalam masjid. Tidak dapat dipungkiri, setan akan senantiasa menggoda dari sisi kiri, kanan, atas, bawah, dan dari sisi manapun agar manusia bisa mengikuti ajakannya.

Baca Juga:  Doa Ketika Mengalami Kesulitan Hidup yang Diajarkan Rasulullah Saw

Salah satu cara mengatasi godaan setan adalah dengan meminta perlindungan dari yang Maha Pelindung, yaitu Allah swt. Tanpa bantuan darinya kita tidak akan mampu menahan kuatnya godaan setan pada diri kita.

Terkadang pada kesempatan ibadah sholat jumat, kita sering tergoda dengan suasana hening sehingga menyebabkan kita mengantuk. Inilah wujud godaan setan yang nyata agar kita tidak khusuk menjalankan peribadatan kepada Allah swt.

Kemudian sering pula pikiran kita lari kemana-mana di saat khatib memberi ceramah atau di saat kita melakukan sholat. Padahal, jika kita teliti lagi, sholat adalah tempat terbaik untuk menghadap Allah swt.

Di tempat terbaik tersebut malah kita sia-siakan untuk memikirkan segala sesuatu yang seharusnya tidak perlu kita pikirkan. Maka tak jarang, setan teriak kesenangan di saat kita merasakan banyak kekosongan padahal ibadah sudah sering kita lakukan.

Baca Juga:  Teks Lengkap Beserta Terjemahan Doa Di Bulan Safar

Oleh karena itu, marilah kita awali hari yang istimewa dengan berdoa. Dengan berdoa kita bisa mendapat banyak keuntungan, salah satunya terhindar dari godaan setan. Dengan begitu, ibadah yang kita lakukan bisa khusyu dan mendapatkan limpahan rahmat dan berkat dari Allah swt.  

Muhammad Nur Faizi