Keutamaan Menghafal Al Quran, Bisa Membawa Tujuh Keluarganya Ke Surga

keutamaan menghafal al quran

Pecihitam.org Al Quran adalah kitab suci yang akan selalu terjaga kemurnianya. Karena Allah SWT sendiri yang akan menjaga kemurnian tersebut, salah satunya dengan banyaknya hafidz maupun hafidzoh Quran. Sehingga sampai kapanpun Al Quran akan tetap sama isinya. Karena jika ada kesalahan cetak atau penyelewengan pasti akan segera diketahui letak kesalahannya oleh para penghafal – penghafal Al Quran. Begitu istimewanya seorang hafidz atau hafidzoh, inilah keutamaan menghafal Al Quran yang perlu kita ketahui.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dewasa ini banyak sekali metode cepat menghafal Al Quran. Namun perlu diketahui, dimensi menghafal Kalamullah tidaklah semudah menghafal pelajaran atau hal-hal yang telah biasa dihafal pada umumnya. Menghafal Al Quran tidak hanya sebatas membaca dan mengingat saja. Namun selain membaca dan menjaga hafalannya juga harus mengamalkan Al Quran itu sendiri dalam keseharian. Namun yang terakhir inilah banyak dari para generasi muda Islam yang kurang menyadari.

Dari Utsan bin Affan ra. ia bekata: Rasulullah SAW bersabda “ Sebaik baik kalian adlah orang yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya” ( HR. Bukhori )

Menurut beberapa pakar menghafal Al Quran memang terbilang tidak terlalu susah. Jika dibandingkan dengan menjaga hafalannya, memahami isinya dan terlebih lagi mengamalkan kandungannya. Sekarang ini penghafal Al Quran bisa dikatakan tersebar di berbagai daerah baik perkotaan hingga pelosok negeri.

Baca Juga:  Surah Saba Ayat 31-33; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Banyak hadist yang menerangkan keutamaan menghafal Al Quran dan mempelajarinya, diantaranya sebgai berikut:

Dari Ibnu Mas’ud ra. ia berkata: Rasulullah SAW bersabda “ Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah ( Al Quran) maka akan memperoleh satu kebaikan. Setiap satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan ALIF LAAM MIIM itu satu huruf, tetapi ALIF satu huruf LAAM satu huruf dan MIIM satu huruf. ( HR Turmudzi )

Hadist tersebut menerangkan keutamaan membaca Al Quran. Pahala yang didapat jika membaca Al Quran yaitu setiap satu hurufnya saja sudah diganjar pahala. Maka akan lebih mudah bagi yang hafal Al Quran untuk mendapatkan pahala tersebut. Karena tanpa membuka musaf Al Quran dimana saja dan kapan saja dapan melantunkannya. Dapat dikatakan bahwa keutamaan menghafal Al Quran yaitu setiap hembusan nafasnya mengandung pahala jika ia selalu melantunkan ayat-ayat Al Quran di dalam hatinya.

Para ulama selalu berpesan menghafal tidak hanya sekedar mampu melafalkan ayat-ayat Al Quran. Tetapi juga mengamalkan secara lafdzan, maknan wa amalan (lafadh, makna, dan amal). Jika dalam menghafal Al Quran terjaga dan terawat dengan baik. Baik secara lafdzan, maknan wa amalan, maka nikmat Allah SWT di dunia dan diakhirat sangatlah jelas bagi mereka. Keutamaan menghafal Al Quran adalah Allah SWT memberikan jaminan. Yakni para pengahafal Al Quran akan membawa bendera terdepan mengawal umat-umat muslim lainnya menuju surga-Nya.

Baca Juga:  Faedah dan Waktu yang Baik untuk Membaca Al Qur'an

Keutamaan menghafal Al Quran menurut KH Abdul Kholil Hasan

Menurut KH Abdul Kholiq Hasan Pengasuh Pesantren Al-Amanah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang mengatakan: Patutlah bersyukur jika memiliki keluarga dan anak yang mau menghafal Al Quran, ini merupakan anugerah terbesar. Penghafal Al Quran adalah aset terbesar keluarga, mereka bisa membawa tujuh anggota keluarganya masuk surga Allah. Kyai Abdul Kholiq mengibaratkan ahli Al Quran ialah orang yang diberikan tumpeng berisikan nasi lengkap beserta lauknya. Sehingga bisa berbagi kepada pihak lain dan tak perlu melihat makan kecil yang lainnya.

“Tidak akan merugi orang yang mau menghafal Al Quran dan orang yang mencintai ahli Al Quran. Bila Al-Qur’an benar-benar dijaga dan diamalkan, maka Allah akan memberikan kemudahan dalam hidup manusia tersebut. Rumah yang sering dibacakan Al Quran akan lebih tenang dan penuh berkah, tegas KH Abdul Kholil yang juga Rektor Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang.

Baca Juga:  Perintah Membaca dalam al Quran dan Tantangan Literasi Umat

Kyai Kholiq menambahkan, selain itu setiap satu huruf yang diajarkan oleh ahli Al Quran dan digunakan setiap ibadah oleh muridnya, maka yang mengajarkan akan mendapat pahala terus. Jika orang tersebut wafat bisa diringankan siksa kuburnya karena barakah mengajarkan Al Quran. Itulah sebabnya ahli Al Quran mempunyai keistimewaan sendiri dan cara memperoleh itu jalannya berbeda dengan umumnya manusia.

Itulah keistimewaan dan keutamaan menghafal Al Quran, semoga dari dari kita, keluarga ataupun keturunan-keturunan kita oleh Allah SWT banyak yang dijadikan Ahlil Quran. Dan bagi orang tua bentuk dukungan kepada anak penghafal Al-Qur’an tidak hanya dalam bentuk dzohir atau materi saja. Tapi juga dilakukan melalui doa. Semoga Allah SWT selalu merahmati kita semua. Wallahu’alam Bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published.