Sebentar Lagi Adzan Maghrib! Inilah Menu Buka Puasa yang Dianjurkan Nabi

menu buka puasa

Pecihitam.org- Bagi orang yang berpuasa, hal yang paling dinanti adalah bunyi bedug atau Adzan Maghrib sebagai pertanda waktunya berbuka puasa. Ngomong-ngomong buka puasa, kira-kira apa menu buka puasa kamu hari ini?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Bagi orang yang ingin berbuka puasa, apapun menu buka puasa yang tersedia, pasti hal yang tidak bisa dihilangkan adalah minuman yang segar, entah itu air, teh ess ataupun juz buah.

Tapi, yuk cari tahu menu buka puasa ala Nabi. Apa sich hidangan yang beliau makan ketika berbuka puasa

Menu Buka Puasa ala Nabi

Ternyata menu buka puasa Rasulullah dan keluarga ada dua, dan itu yang dianjurkan pada ummatnya.

Buah Kurma

Kurma yang dalam Bahasa Arab disebut Tamr merupakan adalah tanaman palma merupakan salah satu makan pokok orang Timur Tengah selain daging.

Nabi pun membiasakan dan menganjurkan berbuka dengan kurma.

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَليُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فإِنَّهُ بَرَكَةٌ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ تَمْرَاً فَالْمَاءُ فإِنَّهُ طَهُورٌ

Apabila salah seorang kalian berbuka, maka berbukalah dengan kurma, karena ia adalah berkah. Apabila tidak menemukan kurma, maka berbukalah dengan air, karena ia mensucikan dosamu. (HR. Al-Tirmidzi No. 652)

Baca Juga:  Membatalkan Puasa Sunnah Karena Tamu Menawarkan Makan, Apa Boleh?

Akan lebih bagus lagi, jika mengkonsumsinya dalam jumlah ganjil. Karena menurut penelitian di bidang kesehatan, mengkonsumsi kurma dalam ganjil menjadi karbohidrat, sedangkan jika genap akan menjadi lemak.

Air Putih

Jika mendapati kurma, maka menu buka puasa lainnya yang harus pertama dikonsumsi adalah air putih, sebagaimana hadis yang telah disebutkan di atas.

Sunnahnya berbuka puasa dengan air putih, karena kesegarannya selain dapat menyegarkan, ia juga dapat membersihkan.

Itulah dua menu buka puasa yang dicontohkan dan dianjurkan oleh Nabi kepada umatnya. Dan jika tidak mendapati kurma akan tetapi ingin menikmati yang manis-manis, maka para ulama mengatakan bisa juga diganti dengan buah-buahan lain yang manis.

Misalnya seperti buah Rambutan atau Manggis kalau di Indonesia. Karena tujuan dari berbuka puasa dengan yang manis-manis hakikatnya nya adalah agar badan yang seharian dehidrasi kembali berurat dan bertenaga.

Kebahagiaan Ketika Berbuka

Sungguh saat bahagia adalah ketika berbuka puasa. Oleh karenanya, di dalam Islam, setelah adzan Maghrib berkumandang sebagai tanda berbuka puasa, seseorang yang berpuasa dianjurkan dengan segera untuk membatalkan puasanya atau berbuka.

Baca Juga:  Puasa Tarwiyah dan Arafah Sebelum Idul Adha, Begini Tuntunannya

لاَ يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Manusia senantiasa dalam kebaikan selagi mereka menyegarakan berbuka. (HR.Muslim)

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis, ada dua kebahagiaan yang dimiliki oleh orang yang sedang menjalani puasa, salah satunya adalah saat berbuka.

للصائم فرحتان، فرحة عند فطره، وفرحة عند لقاء ربه

“Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (Muttafaq ‘Alaihi)

Doa Berbuka Puasa

Ketika berpuasa kita disunahkan untuk membaca doa. Ada dua doa yang bisa dibaca yakni doa sebelum berbuka dan Setelah berbuka. Berikut doanya

Doa Sebelum Berbuka

اللهم لك صمت وبك آمنت وعلى رزقك أفطرت برحمتك يا أرحم الراحمين

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ‘ala rizqika afthartu bi rahmatika ya arhamar rahimin

Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, pada-Mu akau beriman dan dengan rezeki-Mu aku berbuka dengan rahmat-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang di antara para penyayang.

Doa Setelah Berbuka

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ


“Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah”

Baca Juga:  Apakah Merokok Membatalkan Puasa? Inilah Jawaban Dan Penjelasannya.


“Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”

Cara Berbuka Puasa

Dengan memperthatikan penjelasan-penjelasan di atas, maka tips atau acara yang baik ketika hendak berbuka puasa, adalah sebagai berikut:

  1. Segera berbuka ketika sudah terdengah suara adzan Maghrib
  2. Membaca basmalah dan doa berbuka puasa, sebagaimana telah dicantumkan di atas.
  3. Berbuka dengan kurma dalam hitungan ganjil, atau air putih, atau buah-buahan yang rasanya manis.
  4. Membaca doa setelah berbuka sebagaimana tersebut di atas.
  5. Jangan langsung makan makanan berat, tetapi makanan yang ringan saja dulu. atau cukup dengan 3 biji kurma. Hal ini agar pencernaan kita tidak kaget.
  6. Melakukan shalat Maghrib
  7. Setelah Shalat maghrib, baru bisa makan makanan berat, seperti nasi.

Demikian, semoga tulisan tentang menu buka puasa dan doa baik saat maupun setelah berpuasa ini bermanfaat. Selamat menanti saat berbuka. Wallahu a’lam bisshawab!

Faisol Abdurrahman