Surah Al-A’raf Ayat 34-36; Seri Tadabbur Al-Qur’an

Surah Al-A'raf Ayat 34-36

Pecihitam.org – Surah Al-A’raf Ayat 34-36 menjelaskan bahwa semua makhluk memiliki jatah waktu hidup masing-masing di dunia. Apabila saat ajalnya telah tiba waktunya, maka tidak ada yang dapat mengundurkannya sedikit pun dan tidak akan dapat pula mempercepatnya. Selanjutnya, Allah SWT juga memberi ancaman bagi orang-orang yang mendustakan ayat-ayatnya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Al-A’raf Ayat 34-36

Surah Al-A’raf Ayat 34
وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ ۖ فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Terjemahan: Tiap-tiap umat memiliki batas waktu; maka jika telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya.

Tafsir Jalalain dan Tafsir Ibnu Katsir: وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ (Tiap-tiap umat memiliki ajal) yaitu masa tertentu, فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ (maka jika telah datang ajalnya, mereka tidak dapat mengundurkannya) ajal itu, سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ (barang sesaat pun dan tidak dapat pula memajukannya) memajukan waktunya.

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 154; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Surah Al-A’raf Ayat 35
يَا بَنِي آدَمَ إِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ رُسُلٌ مِنْكُمْ يَقُصُّونَ عَلَيْكُمْ آيَاتِي ۙ فَمَنِ اتَّقَىٰ وَأَصْلَحَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Terjemahan: Wahai anak-anak Adam, apabila datang kepada kalian rasul-rasul diantara kalian yang menceritakan kepada kalian ayat-ayatKu, maka barangsiapa yang bertakwa dan mengadakan perbaikan, tidaklah ada kekhawatiran bagi mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Tafsir Jalalain: يَا بَنِي آدَمَ إِمَّا (Wahai anak-anak Adam, jika) lafal “إِمَّا” merupakan gabungan antara in syarthiah dan maa zaaidah atau tambahan يَأْتِيَنَّكُمْ رُسُلٌ مِنْكُمْ يَقُصُّونَ عَلَيْكُمْ آيَاتِي ۙ فَمَنِ اتَّقَىٰ (datang kepada kalian rasul-rasul di antara kalian yang menceritakan kepada kalian ayat-ayatKu, maka siapa yang bertakwa) menjauhkan diri dari kemusyrikan

وَأَصْلَحَ (dan mengadakan perbaikan) amal perbuatannya فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ (tidaklah ada kekhawatiran bagi mereka dan tidak pula mereka bersedih hati) di akhirat kelak.

Tafsir Ibnu Katsir: Kemudian Allah SWT mengingatkan kembali anak cucu Adam, bahwa Allah SWT akan mengutus kepada mereka para Rasul, yang menerangkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan-Nya, dan menyampaikan kabar gembira serta peringatan.

Baca Juga:  Surah Al-Ahzab Ayat 37; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Maka Allah SWT berfirman: فَمَنِ اتَّقَىٰ وَأَصْلَحَ (Barangsiapa yang bertakwa dan mengadakan perbaikan) yakni meninggalkan berbagai hal yang diharamkan dan berbuat ketaatan, maka فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ (tidaklah ada kekhawatiran bagi mereka dan tidak pula mereka bersedih hati).

Surah Al-A’raf Ayat 36
وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَاسْتَكْبَرُوا عَنْهَا أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Terjemahan: Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, mereka itu penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

Tafsir Jalalain: وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَاسْتَكْبَرُوا (Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri) berlaku takabur, عَنْهَا (terhadapnya) sehingga mereka tidak mau percaya kepadanya, أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (mereka itu penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya).

Baca Juga:  Surah Al-A'raf Ayat 187; Seri Tadabbur Al-Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَاسْتَكْبَرُوا عَنْهَا (Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya.”) Maksudnya adalah hati mereka mendustakan ayat-ayat itu dan mereka sombong untuk mengerjakannya; أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (Mereka itu adalah para penghuni Neraka, mereka kekal di dalamnya)

Demikian sekilas penjelasan mengenai Surah Al-A’raf Ayat 34-36 menurut Tafsir Jalalain dan Tafsir Ibnu Katsir, sebagai kelanjutan seri Tadabbur Al-Qur’an kita. Semoga menambah khazanah ilmu kita semua dan bermanfaat dunia hingga hari akhir. Amin

M Resky S