Surah Yunus Ayat 87; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yunus Ayat 87

Pecihitam.org – Kandungan Surah Yunus Ayat 87 ini menjelaskan bahwa setelah membebaskan kaum Bani Israil dari cengkraman Fir’aun, Nabi Musa as diperintahkan untuk membenahi masyarakat Bani Israil. Mereka kemudian ditempatkan di suatu kawasan dan dengan bantuan mereka beliau as menyiapkan rumah-rumah untuk mereka.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dengan demikian, sekalipun berada di dalam rumah, mereka masih tetap bisa melakukan ritual ibadahnya.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yunus Ayat 87

وَأَوْحَيْنَا إِلَىٰ مُوسَىٰ وَأَخِيهِ أَنْ تَبَوَّآ لِقَوْمِكُمَا بِمِصْرَ بُيُوتًا وَاجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ قِبْلَةً وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ

Terjemahan: Dan Kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya: “Ambillah olehmu berdua beberapa buah rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat dan dirikanlah olehmu sembahyang serta gembirakanlah orang-orang yang beriman”.

Tafsir Jalalain: وَأَوْحَيْنَا إِلَىٰ مُوسَىٰ وَأَخِيهِ أَنْ تَبَوَّآ لِقَوْمِكُمَا (Dan Kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya, “Ambillah oleh kamu berdua) tempatilah oleh kamu berdua

Baca Juga:  Surah Al-Ahzab Ayat 57-58; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

بِمِصْرَ بُيُوتًا وَاجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ قِبْلَةً (beberapa buah rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah olehmu rumah-rumah itu tempat untuk shalat) sebagai mushalla tempat kalian melakukan salat di dalamnya supaya kalian merasa aman dari ketakutan, dan tersebutlah bahwa Firaun melarang mereka melakukan salat

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ (dan dirikanlah oleh kalian shalat) sempurnakanlah shalat itu oleh kalian وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ (serta gembirakanlah orang-orang yang beriman.”) bahwa mereka akan mendapatkan pertolongan dan surga.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah menyebutkan sebab penyelamatan-Nya terhadap Bani Israil Fir’aun dan kaumnya serta cara pembebasan mereka, yaitu sesungguhnya Allah Ta’ala menyuruh Musa dan saudaranya Harun agar mereka berdua memerintahkan kaumnya agar mereka tinggal di beberapa rumah, di negeri Mesir.

Ahli tafsir berbeda pendapat dalam makna firman Allah Ta’ala: وَاجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ قِبْلَةً (Jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat) Ats-Tsauri dan lainnya berkata dari Khashif, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas berkata bahwa maksudnya mereka diperintah untuk menjadikannya masjid.

Baca Juga:  Surah Yunus Ayat 34-36; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Ats-Tsauri berkata juga dari Ibnu Manshur dari Ibrahim mengatakan: mereka waktu itu berada dalam ketakutan, maka mereka diperintah shalat rumah mereka, begitu juga Mujahid, Abu Malik, ar-Rabi’ bin Anas, adh-Dhahhak, Abdur Rahman bin Zaid bin Aslam dan Abu Zaid bin Aslam berkata: “Kelihatannya memang demikian.” Wallahu a’lam.

Ketika siksaan-siksaan dan tekanan-tekanan Fir’aun dan kaumnya semakin keras terhadap mereka, mereka disuruh memperbanyak shalat, sebagaimana firman Allah yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat.” (QS. Al-Baqarah: 153)

Dan diriwayatkan dalam hadits bahwa Rasulullah jika sedang menghadapi masalah, beliau melakukan shalat. Hadits dikeluarkan oleh Abu Dawud.

Untuk itu, Allah Ta’ala berfirman dalam ayat ini: وَاجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ قِبْلَةً وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ (Jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat dan dirikanlah olehmu shalat, serta gembirakanlah orang-orang yang beriman)

Baca Juga:  Surah Yunus Ayat 37-40; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Sa’id bin Jubair berkata: وَاجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ قِبْلَةً (Jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat). Maksudnya, saling berhadap-hadapan.

Tafsir Quraish Shihab: Dan Kami wahyukan kepada Musa dan Harun, saudaranya, agar menjadikan beberapa rumah di tanah Mesir sebagai tempat tinggal dan kiblat bagi orang-orang Mukmin yang mengikuti seruan Allah. Dan agar mereka melaksanakan salat secara sempurna. Berita gembira yang baik ini hanyalah untuk orang-orang yang beriman.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Yunus Ayat 87 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S