Surah Yunus Ayat 94-97; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yunus Ayat 94-97

Pecihitam.org – Kandungan Surah Yunus Ayat 94-97 ini diarahkan kepada orang-orang yang terkena keraguan mengenai kebenaran Nabi Saw dan mereka yang bersikeras serta tidak mau menerima kebenaran, keras bagaikan batu. Sehingga tidak ada lagi harapan untuk bisa beriman.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Orang-orang semacam ini akan mendapatkan murka Allah, namun sewaktu mereka tidak melihat azab Allah, mereka malah tidak mau beriman dan berserah diri.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yunus Ayat 94-97

Surah Yunus Ayat 94
فَإِنْ كُنْتَ فِي شَكٍّ مِمَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ فَاسْأَلِ الَّذِينَ يَقْرَءُونَ الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكَ ۚ لَقَدْ جَاءَكَ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ

Terjemahan: Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu temasuk orang-orang yang ragu-ragu.

Tafsir Jalalain: فَإِنْ كُنْتَ (Maka jika kamu) hai Muhammad فِي شَكٍّ مِمَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ (berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu) yaitu berupa kisah-kisah, seumpamanya فَاسْأَلِ الَّذِينَ يَقْرَءُونَ الْكِتَابَ (maka tanyakanlah kepada orang-orang yang telah membaca kitab) Taurat

مِنْ قَبْلِكَ (sebelum kamu) maka sesungguhnya hal itu telah tertera di dalam kitab mereka, mereka akan memberitakannya kepadamu sesuai dengannya; untuk itu maka Rasulullah saw. bersabda, “Aku tidak ragu dan tidak menanyakannya.”

Baca Juga:  Surah Yunus Ayat 11; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

لَقَدْ جَاءَكَ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ (Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Rabbmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu) menaruh keraguan padanya.

Tafsir Quraish Shihab: Jika dirimu, atau orang lain, dihantui oleh rasa ragu mengenai kebenaran wahyu yang Kami turunkan ini, maka tanyakanlah kepada mereka yang telah mendapatkan kitab-kitab suci melalui para Nabi terdahulu. Kamu akan mendapatkan jawaban pasti dari mereka, yang membenarkan apa yang telah Kami turunkan kepadamu (al-Qur’an).

Hal itu adalah untuk menegaskan kebenaran dengan memaparkan dalil pada hal-hal yang dimungkinkan dapat menimbulkan keragu-raguan. Dan sungguh Kami telah menurunkan kepadamu kebenaran yang tidak disangsikan ini. Maka jangan biarkan orang lain membuat kamu bimbang dan ragu.

Surah Yunus Ayat 95
وَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ فَتَكُونَ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Terjemahan: Dan sekali-kali janganlah kamu termasuk orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang rugi.

Tafsir Jalalain: (Dan sekali-kali janganlah kamu termasuk orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang rugi).

Tafsir Quraiish Shihab: Dan jangan biarkan dirimu dan para pengikutmu masuk ke dalam kelompok orang-orang yang mendustakan bukti-bukti dan penjelasan-penjelasan.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 71-73; Seri Tadabbur Al Qur'an

Dengan demikian, kamu tidak mendapatkan kerugian dan murka Tuhan, sebagaimana dialami oleh orang-orang kafir. (Ayat ini, meskipun ditujukan kepada Nabi Muhammad, tetapi mencakup juga para pengikutnya).

Surah Yunus Ayat 96
إِنَّ الَّذِينَ حَقَّتْ عَلَيْهِمْ كَلِمَتُ رَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ

Terjemahan: Sesungguhnya orang-orang yang telah pasti terhadap mereka kalimat Tuhanmu, tidaklah akan beriman,

Tafsir Jalalain: إِنَّ الَّذِينَ حَقَّتْ (Sesungguhnya orang-orang yang telah pasti) telah dipastikan عَلَيْهِمْ كَلِمَتُ رَبِّكَ (terhadap mereka kalimat Rabbmu) yaitu azab Allah telah pasti atas mereka لَا يُؤْمِنُونَ (tidaklah akan beriman).

Tafsir Ibnu Katsir: (Sesungguhnya orang-orang yang telah pasti terhadap mereka kalimat Rabbmu, tidaklah akan beriman) Maksudnya, mereka tidak beriman dengan keimanan yang bermanfaat untuk mereka.

Tafsir Quraish Shihab: Sesungguhnya orang-orang yang telah ditakdirkan oleh Allah sebagai orang kafir, mereka itu–karena Allah Mahatahu pembangkangan dan fanatisme buta yang ada pada mereka–tidak akan beriman, meskipun kamu telah mencurahkan segala daya dan upaya untuk meyakinkan mereka.

Surah Yunus Ayat 97
وَلَوْ جَاءَتْهُمْ كُلُّ آيَةٍ حَتَّىٰ يَرَوُا الْعَذَابَ الْأَلِيمَ

Terjemahan: meskipun datang kepada mereka segala macam keterangan, hingga mereka menyaksikan azab yang pedih.

Tafsir Jalalain: (Meskipun datang kepada mereka segala macam keterangan hingga mereka menyaksikan azab yang pedih) maka pada saat itu tidak bermanfaat lagi keimanan mereka.

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 89-92; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: (Meskipun datang kepada mereka segala macam keterangan, hingga mereka menyaksikan adzab yang pedih) Maksudnya, mereka tidak beriman dengan keimanan yang bermanfaat untuk mereka, bahkan ketika iman seseorang telah tidak bermanfaat lagi untuknya.

Untuk itu, ketika Musa as. berdakwah kepada Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya, dia berkata:

“Ya Rabb binasakanlah harta benda mereka dan kuncimatilah hati mereka, maka mereka tidak beriman hingga mereka melihat siksa yang pedih.” (QS. Yunus: 88)

Tafsir Quraish Shihab: Kalau pun kamu berikan kepada mereka seluruh bukti yang jelas sekali pun mereka tidak akan menerimanya dan terus dalam kesesatan, hingga akhirnya mereka mendapatkan azab yang pedih.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Yunus Ayat 94-97 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S