Surah Yusuf Ayat 69; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yusuf Ayat 69

Pecihitam.org – Kandungan Surah Yusuf Ayat 69 ini menyebutkan bahwa sewaktu mereka masuk untuk menemui Yusuf, maka Yusuf pun melakukan langkah-langkah tertentu untuk dapat berbicara secara terpisah dengan Benyamin. Yusuf pun mengenalkan dirinya kepada saudaranya seibu ini agar ia tidak lagi bersedih dan cemas.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Karena Benyamin sendiri merasa khawatir terhadap perilaku saudara-saudaranya, dan takut bahwa dia pun akan mengalami nasib seperti Yusuf dan terpisah dari ayahnya.

Karena itu Yusuf menarik kepercayaan Benyamin dan memintanya agar mau tinggal bersama Yusuf, dan Benyamin pun menerima.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yusuf Ayat 69

وَلَمَّا دَخَلُوا عَلَىٰ يُوسُفَ آوَىٰ إِلَيْهِ أَخَاهُ ۖ قَالَ إِنِّي أَنَا أَخُوكَ فَلَا تَبْتَئِسْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Terjemahan: Dan tatkala mereka masuk ke (tempat) Yusuf. Yusuf membawa saudaranya (Bunyamin) ke tempatnya, Yusuf berkata: “Sesungguhnya aku (ini) adalah saudaramu, maka janganlah kamu berdukacita terhadap apa yang telah mereka kerjakan”.

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 25-29; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Jalalain: وَلَمَّا دَخَلُوا عَلَىٰ يُوسُفَ آوَىٰ (Dan tatkala mereka masuk ke tempat Yusuf, Yusuf menempatkan) yakni membawa saudaranya Bunyamin إِلَيْهِ أَخَاهُ ۖ قَالَ إِنِّي أَنَا أَخُوكَ فَلَا تَبْتَئِسْ (saudaranya ke tempatnya. Yusuf berkata, “Sesungguhnya aku ini adalah saudaramu, maka janganlah kamu berduka cita) bersedih hati بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (terhadap apa yang telah mereka lakukan.”) yaitu kedengkian mereka terhadap kita.

Kemudian Nabi Yusuf menyuruh Bunyamin supaya jangan menceritakan hal ini kepada mereka. Yusuf telah bersepakat dengan Bunyamin, bahwa ia akan membuat siasat supaya Bunyamin tetap tinggal bersamanya.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah Ta’ala memberitakan tentang saudara-saudara Yusuf setelah mereka datang kepada Yusuf bersama saudara sekandungnya, Bunyamin, dan menyambut mereka di rumah kehormatan dan ruang tamunya, serta menerimanya dengan penuh keakraban, lemah lembut dan kebaikan, lalu ia berduaan dengan saudara kandungnya untuk memberitahukan keadaannya dan apa yang telah terjadi pada dirinya, sambil memperkenalkan dirinya bahwa dia adalah saudaranya.

Baca Juga:  Khazanah Tafsir Al-Qur'an III : Perkembangan Tafsir Al-Qur’an Abad ke-19

Dia mengatakan kepadanya agar tidak cemas atau sedih (berdukacita) dengan apa yang telah mereka perbuat terhadap dirinya, kemudian meminta agar merahasiakan masalah ini dari saudara-saudaranya yang lain, dan tidak memberitahukan bahwa dia adalah saudaranya, lalu bersepakat dengannya bahwa dia akan merekayasa agar Bunyamin dapat tetap tinggal bersamanya dalam keadaan terhormat.

Tafsir Quraish Shihab: Ketika mereka sampai kepada Yusuf, mereka ditempatkan pada kedudukan yang sangat terhormat. Yusuf memberikan keistimewaan kepada saudara kandungnya dengan memeluknya. Sambil berbisik, ia berkata, “Aku adalah Yusuf, saudaramu. Jangan bersedih dengan apa yang mereka lakukan terhadap dirimu dan diriku.

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, telah kita pelajari bersama kandungan Surah Yusuf Ayat 69 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga Allah merahmati dan mengasihi kita semua. Amin

Baca Juga:  Surah Thaha Ayat 71-73; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an
M Resky S