Dilindungi Dari Dajjal: Salah Satu Keutamaan Membaca Surat al-Kahfi

keutamaan membaca surat al kahfi

Pecihitam.org – Surat Al-Kahfi atau bisa juga disebut sebagai Ashabul kahfi adalah salah satu surat dalam Alquran yang ada dalam juz 15 dan di awal juz 16. Surat Al-Kahfi termasuk dalam golongan surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah. Dalam surat Al Kahfi terdapat 110 ayat dan merupak surat ke 18 dari keseluruhan 114 surat yang terdapat dalam Alqur’anul karim. Berikut penjelasan tentang keutamaan membaca surat Al-Kahfi:

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Pertama, dilindungi dari fitnah dajjal.

Imam Syafi’I menguraikan mengenai anjuran untuk memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah SAW dan soal membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat. Berikut hadits yang menganjurkan kepada kita semua untuk memperbanyak bershalawat kepada Rasulullah SAW Di samping itu, beliau juga suka membaca surat Al-Kahfi pada hari malam Jumat dan siangnya karena memang terdapat anjurannya:

(قَالَ الشَّافِعِيُّ) أَخْبَرَنَا إبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنُ مَعْمَرٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ( قال الشَّافِعِيُّ ) وَبَلَغَنَا أَنَّ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ وُقِيَ فِتْنَةَ الدَّجَّالِ. ( قال الشَّافِعِيُّ ) وَأُحِبُّ كَثْرَةَ الصَّلَاةِ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي كُلِّ حَالٍ وَأَنَا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَتِهَا أَشَدُّ اسْتِحْبَابًا وَأُحِبُّ قِرَاءَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَهَا لِمَا جَاءَ فِيهَا

Baca Juga:  Fadhilah Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat Bisa Terhindar dari Fitnah Dajjal

Artinya: “Imam Syafi’i berkata: telah mengabarkan kepadaku Ibrahim bin Muhammad, ia berkata telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman bin Ma’mar bahwa Nabi saw bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat’. Beliau juga berkata, dan telah sampai kepadaku riwayat yang mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat al-Kahf maka ia dilindungi dari fitnahnya Dajjal. Selanjutnya beliau mengatakan, bahwa saya menyukai banyak-banyak membaca shalawat kepada Nabi saw dalam setiap keadaan, sedang pada hari Jumat saya lebih menyukainya (dengan memperbanyak lagi membaca shalawat), begitu juga saya suka membaca surat al-Kahf pada malam Jumat dan siangnya karena adanya riwayat dalam hal ini” (Muhammad Idris asy-Syafi’i, al-Umm, Bairut-Dar al-Ma’rifah, 1393 H, juz, 1, h. 207)

Baca Juga:  Surah Ar-Rahman Ayat 14-25; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan di atas adalah bahwa hukum membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat adalah sunnah. Sebab, terdapat riwayat yang mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi maka akan dilindungi dari fitnahnya Dajjal.

Kedua, untuk mengingat hari akhir.

وَالْحِكْمَةُ مِنْ قِرَاءَتِهَا أَنَّ السَّاعَةَ تَقُومُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، كَمَا ثَبَتَ فِي صَحِيحِ مُسْلِمٍ، وَالْجُمُعَةُ مُشَبَّهَةٌ بِهَا لِمَا فِيهَا مِنِ اجْتِمَاعِ الْخَلْقِ، وَفِي الْكَهْفِ ذِكْرُ أَهْوَالِ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Hikmah membaca surat Al-Kahfi adalah bahwa hari kiamat terjadi pada hari Jumat sebagaimana riwayat yang terdalam dalam kitab Shahih Muslim. Dan hari Jumat itu diserupakan dengan hari kiamat karena di dalamnya terdapat perkumpulan makhluk, sedang di dalam surat Al-Kahfi digambarkan mengenai pelbagai keadaan kiamat yang sangat menyeramkan”. (Lihat Wahbah az-Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus-Dar al-Fikr, cet ke-12, juz, 4, h. 461)

Baca Juga:  Surah Hud Ayat 35; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Salah satu surat yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat Islam mau mengamalkan maupun membacanya bahkan menghafalnya adalah surat Al-Kahfi. Rasullulah SAW menganjurkan umatnya untuk membacanya di hari Jumat atau malam Jumat. Sunnah membaca surat Al-Kahfi adalah pada malam Jumat atau pada hari Jumatnya, dan malam Jumat diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jumatnya.

Demikian penjelasan tentang keutamaan membaca surat Al-Kahfi. Semoga bermanfaat. Wallahu A’alam.

Ayu Alfiah

Leave a Reply

Your email address will not be published.