Surah Yusuf Ayat 35; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Yusuf Ayat 35

Pecihitam.org – Kandungan Surah Yusuf Ayat 35 ini menceritakan di dalam peristiwa yang terjadi antara Yusuf dan Zulaikha-pun semuanya telah memahami bahwa yang bersalah adalah Zulaikha. Bahkan Zulaikha sendiri telah memahami bahwa yang salah adalah dirinya. Zulaikha sendiri mengakui kebersihan Yusuf di depan para wanita Mesir.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Akan tetapi pada akhirnya penguasa Mesir berkesimpulan bahwa untuk menjaga nama baik isterinya, Yusuf harus dijebloskan ke dalam penjara sehingga setelah beberapa saat pengunjingan dan isu-isu seputar masalah ini akan reda dan dilupakan.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Yusuf Ayat 35

ثُمَّ بَدَا لَهُمْ مِنْ بَعْدِ مَا رَأَوُا الْآيَاتِ لَيَسْجُنُنَّهُ حَتَّىٰ حِينٍ

Terjemahan: Kemudian timbul pikiran pada mereka setelah melihat tanda-tanda (kebenaran Yusuf) bahwa mereka harus memenjarakannya sampai sesuatu waktu.

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 78-79; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Jalalain: ثُمَّ بَدَا (Kemudian timbul pikiran) tampak nyata لَهُمْ مِنْ بَعْدِ مَا رَأَوُا الْآيَاتِ (pada mereka setelah melihat tanda-tanda) yang menunjukkan kebersihan diri Nabi Yusuf, yaitu memenjarakannya.

Hal ini terbukti dengan adanya penjelasan pada ayat selanjutnya لَيَسْجُنُنَّهُ حَتَّىٰ (bahwa mereka harus memenjarakannya sampai) hingga حِينٍ (sesuatu waktu) semua yang hadir setuju dengan pendapat ini akhirnya Nabi Yusuf dipenjarakan.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah Ta’ala berfirman, kemudian mereka berpendapat bahwa sebaiknya Yusuf dipenjara saja untuk sementara waktu, setelah mereka tahu bahwa Yusuf terlepas dari tuduhan itu berdasarkan kepada bukti-bukti yang menunjukkan atas kebenaran, kesucian dan kebersihannya.

Nampaknya, (wallaHu a’lam) mereka memenjarakannya ketika kabar dan kejadian ini merebak dengan tuduhan bahwa Yusuf telah merayu diri isteri al-‘Aziz, itulah yang membuat mereka memenjarakannya.

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 80-82; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Oleh karena itu, ketika raja memintanya keluar untuk menghadapnya pada masa-masa terakhir dari masa penjaranya, Yusuf menolak. Sampai adanya kejelasan tentang kesucian dirinya dari tuduhan dan pengkhianatan yang ditujukan kepadanya. Setelah ditetapkan bahwa Yusuf bersih dari tuduhan itu maka beliaupun (shalawat dan salam atasnya) keluar menghadap raja.

As-Suddi menuturkan bahwa mereka memenjarakannya dengan tujuan untuk menjaga agar perbuatan isteri al-Aziz terhadap Yusuf as. tidak tersebar luas, dan (pada hakekatnya) akan membersihkan kehormatan Yusuf, sedangkan isteri al-Aziz akan tercemar (karena perbuatannya).

Tafsir Quraish Shihab: Setelah melihat bukti-bukti nyata yang menyatakan Yusuf tidak bersalah, al-‘Aziz dan keluarganya menyepakati suatu rencana dan berjanji akan melaksanakannya.

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 6; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Yaitu, mereka akan memasukkan Yusuf ke dalam penjara dalam waktu singkat atau lama. Dengan demikian, istrinya terhindar dari omongan orang yang tidak baik dan selamat dari kesesatan.

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, telah kita pelajari bersama kandungan Surah Yusuf Ayat 35 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga Allah merahmati dan mengasihi kita semua. Amin

M Resky S